Mekanisme Kerja Dan Contoh Obat Golongan Antibiotik Makrolida

Apakah Anda pernah mendengar tentang golongan antibiotik makrolida? Antibiotik makrolida ini merupakan salah satu contoh obat antibiotik dan jenis antibiotik yang biasa digunakan oleh para dokter dan dapat ditemukan dengan mudah di apotek. Seperti yang kita ketahui, setiap jenis antibiotik memiliki cara kerja tersendiri, begitu pula golongan antibiotik makrolida yang memiliki cara kerja tersendiri untuk mematikan bakteri tersebut.

Mekanisme Kerja Antibiotik Makrolida

Dari berbagai macam jenis antibiotik yang bisa ditemukan di dunia ini, ada beberapa antibiotik yang lebih sering digunakan dan beredar luas di pasaran. Salah satu contoh obat antibiotik yang terkenal yaitu jenis antibiotik makrolida. Anda perlu tahu bahwa setiap jenis memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda, begitu pula antibiotik jenis ini.

Ketika Anda meminum jenis antibiotik ini, maka antibiotik ini akan mencegah pertumbuhan biosintesis protein yang ada pada bakteri tersebut. Jika Anda memiliki penyakit infeksi yang memang disebabkan oleh bakteri seperti infeksi lambung atau infeksi pada saluran pernafasan, maka antibiotik ini cocok untuk membantu Anda dalam pengobatan. Tak hanya itu saja, jenis antibiotik ini sangat cocok bagi Anda yang alergi terhadap jenis antibiotik penisilin.

Contoh Obat Antibiotik Makrolida

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membeli jenis antibiotik makrolida ini, Anda harus tahu mengenai nama obat yang biasa dijual di pasaran. Obat jenis antibiotik makrolida ini yaitu azitromisin, klaritomisin, sipramisin, dan eritomisin.

Jadi, jika Anda mendapatkan resep dari dokter dan terdapat salah satu dari obat antibiotik jenis ini, Anda perlu mengingat bahwa Anda mempunyai alergi dengan antibiotik penisilin. Anda perlu tahu bahwa tak semua dokter bisa memeriksa apakah Anda memiliki alergi pada obat tertentu atau tidak. Oleh karena itu, jika Anda sudah tahu jika Anda memiliki alergi terhadap golongan antibiotik penisilin, Anda harus menyampaikannya ke dokter agar dokter tersebut memberikan contoh obat antibiotik lainnya yang akan membantu Anda dalam memerangi bakteri yang mengakibatkan penyakit infeksi tersebut. Biasanya, dokter akan memberikan resep antibiotik penisilin. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda harus memberitahu dokter tersebut.