Ibu Hamil Menggunakan Behel, Bahayakah?

Ibu hamil yang menggunakan behel karena memiliki masalah gigi terutama bentuknya yang tidak rapi. Hal ini banyak membuat wanita menggunakannya tentunya untuk menunjang penampilan yang bisa menimbulkan rasa percaya diri. Namun bagi ibu hamil terdapat bahaya yang mengancam ketika menggunakan kawat gigi tersebut. Karena bisa menghambat perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Sebaiknya untuk menghindari pemasangan kawat gigi tersebut.

Bahayanya Menggunakan Kawat Gigi Pada Ibu Hamil

Memang menggunakan behel atau kawat gigi akan membuat gigi Anda menjadi rapi namun ternyata menjadi bahaya jika Anda sedang hamil. Dan berikut bahayanya menggunakan behel saat sedang hamil;

  1. Dapat mengganggu pertumbuhan sel-sel tubuh yang tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan janin karena sebelum pemasangan kawat gigi maka akan ada proses rontgen yang menggunakan sinar x.
  2. Menjadi penyebab keguguran karena akan berkembangnya bakteri dalam mulut yang akan menimbulkan infeksi yang juga menimbulkan prostaglandin yang menjadi penyebab keguguran.
  3. Penggunaan x Ray juga berisiko munculnya kanker pada janin Anda karena sinar x dapat membunuh sel-sel pembentukan untuk leukemia yang membuat bayi rentan kanker darah nantinya.
  4. Anda juga akan mudah terserang stress yang diakibatkan karena rasa tegang dan takut saat melakukan pencabutan gigi juga pemasangan behel.
  5. Penggunaan x Ray juga dapat menimbulkan cacat pada janin karena pertumbuhan sel darah dan sebagainya menjadi terhambat.
  6. Penggunaan behel juga memicu sariawan dan masalah mulut lainnya sehingga akan mengganggu proses asupan gizi bagi janin Anda yang memang sangat membutuhkan nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Akan tetapi jika Anda sudah memasang behel jauh sebelum hamil tentunya berbagai risiko tersebut tidaklah terlalu tinggi sebab Anda sudah tidak melakukan rontgen lagi. Sebab untuk mencabutnya tentu tidak sembarangan terutama jika Anda memang memiliki masalah pada kontur gigi Anda. Jadi alangkah baiknya selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut agar tidak terjadi infeksi saat muncul sariawan dan sebagainya. Rajin untuk menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bakteri dalam mulut sehingga tidak akan menimbulkan masalah lainnya yang bisa Anda baca pada situs https://www.panduanbayi.com yang cukup bermanfaat bagi Anda.