Alat Musik Ritmis Sebagai Pengatur Tempo Musik

Musik adalah sebuah bunyi-bunyian atau yang telah disusun sedemikian rupa sehingga terdengar sangat indah dan membuat pikiran relaks. Musik ini sering kali didengar dengan berbagai tujuan. Ada yang mendengarkan musik hanya sekedar hobi, ada yang mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran, ada juga yang mendengarkan musik untuk membuat suasana lebih ramai. Musik memang membuat dunia semakin berwarna. Terlebih lagi bagi penyanyi, musik sudah menjadi bagian dalam hidupnya.

Musik pasti digunakan dalam sebuah lagu. Tanpa musik, lagu akan terdengar biasa-biasa saja dan sulit dinikmati. Musik yang didengar pada sebuah lagu tentunya dihasilkan dari satu atau beberapa alat musik. Ada yang sekedar menggunakan piano atau gitar. Namun, ada juga yang sampai menggunakan drum, bass, gitar akustik hingga biola serta alat-alat musik lainnya.

Dalam sebuah alunan musik, pasti ada salah satu alat musik yang digunakan sebagai pengatur irama ataupun pengatur tempo. Pengatur tempo inilah disebut alat-alat musik ritmis. Jenis alat-alat musik ritmis hingga saat ini mengalami perkembangan yang cukup pasat dengan ditemukannya ritmis dari berbagai negara di dunia.

Beberapa Contoh Alat Musik Ritmis

Alat-alat musik ritmis ada yang tradisional dan modern. Salah satu alat musik ritmis yang sudah ada sejak zaman dulu adalah Gendang. Gendang ini berasal dari Pulau Jawa dan dimainkan dengan cara dipukul dengan dua tangan. Gendang terbuat dari kayu dan kulit layaknya bedug masjid dan dua sisinya bisa dimainkan.

Selain gendang, alat-alat musik jenis ritmis yang berkembang hingga saat ini yaitu:

  • Rebana

Rebana ini sudah berkembang di beberapa negara seperti Malaysia, Arab dan Brunei. Rebana sering digunakan sebagai pengiring lagu-lagu religi.

  • Drum

Ini adalah jenis ritmis modern yang paling sering digunakan. Drum terdiri dari beberapa set yang biasa digunakan untuk mengiringi band.

  • Tifa

Tifa berasal dari Provinsi Papua. Tifa ini terbuat dari kayu dan kulit hewan dan digunakan dengan cara dipukul layaknya gendang. Namun hanya satu sisi yang dimainkan.